APA MANFAAT BERDONGENG UNTUK ANAK-ANAK?

15.50

Apa Manfaat Mendongeng untuk Anak-anak?

                                                             Photo : Google
Dunia anak-anak adalah dunia yang sangat menarik untuk diperbincangkan. baik dari segi pendidikan, kesehatan, cara mengatasi masalah anak di usia dini maupun lainnya. Melalui tulisan ini saya ingin membahas tentang manfaat mendongeng yang sangat berkaitan erat dengan dunia anak-anak baik dari pendidikan karakternya, pendidikan moral dan lain –lain. Seperti saat ini, anak –anak tidak lagi berada diposisi anak-anak, dalam arti anak-anak sekarang lebih asyik dengan dunianya sendiri karena zaman yang canggih membuat anak-anak lebih focus didepan laptop atau gadget. 

Dan dunia mendongeng saat ini di kalangan anak-anak tidak lagi popular seperti dulu, sehingga membuat anak-anak lebih menyendiri juga kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya. Padahal dunia mendongeng dapat meningkatkan daya pikir, daya ingat seorang anak dan membangun literasi membaca. Karena dunia dongeng adalah dunia yang menakjubkan bagi anak-anak. Banyak manfaat yang memberikan energi positif untuk anak-anak, salah satunya mendekatkan sebuah komunikasi dan kedekatan emosional yang baik antara Orang tua ke anak, Guru ke murid, dan orang dewasa kepada anak-anak maupun anak dengan teman sebayanya.


Photo : Saat mendongeng di kegiatan Hari Bumi yang diselenggarakan oleh Komunitas YFCC

Lalu bercerita tentang dongeng, apa itu Dongeng? Secara singkat definisi dongeng adalah bentuk sastra lama yang menceritakan tentang suatu hal yang fiksi atau tidak nyata untuk kita ambil pelajaran yang terkadung dari dongeng tersebut. Lewat berdongeng kita bisa memberi pesan maupun nasehat yang baik dengan cara yang menyenangkan dan tidak menggurui, tidak memarahi ataupun membentak saat apa yang dilakukan anak itu salah. Secara langsung mendongeng adalah media bercerita yang di sukai oleh anak-anak. Mendongeng juga bagian dari langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. 

Kalau dulu mendongeng selalu identik dengan cerita Fabel seperti Kancil dan Harimau, Kura-kura yang Baik Hati, Kelinci yang Nakal, dll. Legenda atau cerita rakyat dari seluruh Indonesia seperti Sangkuriang ( Jawa Barat), Malin Kundang (Sumatera Barat), Batu Gantung (Sumatera Utara), dll. Mite yaitu cerita tentang makhluk ghaib, seperti cerita dewa, peri, dan hantu. Sage yaitu cerita dongeng tentang Kepahlawanan dan kesaktian dari seorang tokoh. Dongeng tentang Putri Salju, Cinderella, Putri Tidur dll yang di ambil dari cerita luar Negeri. Kisah Para Nabi dan Rasul juga bagian dari mendongeng. Tapi sekarang mendongeng tidak lagi cerita yang harus di ambil dari cerita Lagenda, Fabel, dll. cerita yang dikarang sendiri juga bisa, asal ada makna kebaikan dan pembelajaran dalam kehidupan yang terdapat di dalam dongeng.

                                       


Maka, semua orang wajib dan harus mampu bercerita lewat mendongeng. Terutama bagi kalangan pendidik baik di pendidikan formal maupun non formal. Mendongeng dapat di sajikan sebagai bahan media pembelajaran seorang Guru di dalam kelas, mendongeng juga melatih belajar berbicara secara produktif, maka dari itu tidak ada alasan seorang pendidik tidak bisa mendongeng. Terutama untuk tingkat Sekolah Dasar, Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Usia Dini ( PAUD ).

                   Photo : Saat mendongeng di kegiatan Pariwisata Sumut di Pantai Mangrove

Lalu bagaimana cara mendongeng yang menyenangkan untuk dibagikan kepada anak-anak? Disini akan kita bahas cara mendongeng yang baik dan benar untuk anak-anak, 
yaitu :
1. Pilih cerita yang baik 
2. Gerak tubuh 
3. Gunakan Vokal dan Intonasi yang baik

d.   4. Menetukan pilihan cerita sesuai usia anak

e.   5. Waktu jangan terlalu lama, maksimal 15-20 menit
f.    6. Menyisipkan Ice Breaking
g.   7. Kuasai isi cerita
h.   8. Lakukan kontak mata
i.    9. Sisipkan nilai-nilai/pesan yang baik
j.   10. Bertanya kembali kepada anak-anak  pesan apa yang dapat di ambil setelah selesai berdongeng.



Selanjutnya manfaatmendongeng bagi anak –anak yang menjadi pokok pembahasan mengenai dongeng,  yaitu :
1.     1. Meningkatkan keterampilan berbicara anak
2.     2. Meningkatkan minat baca anak
3.     3. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak
4.     4. Mengembangkan keterampilan berpikir
5.     5. Merangsang imajinasi anak
6.     6. Mengenalkan nilai-nilai yang baik kepada anak
7.     7. Mempererat hubungan yang baik antara anak dan orangtua
8.     8. Menumbuhkan kreatifitas anak
9.     9. Meningkatkan rasa empati anak terhadap orang lain.

                                   Photo : Saat Mendongeng di Sanggar Keadilan SHMI

Mengingat manfaat dan kekuatan mendongeng itu kuat bagi anak-anak, maka orang tua maupun pendidik sebaiknya dapat menggunakan media efektif ini untuk mendidik anak-anak.

Ibnu Qoyim berkata : “Barang siapa yang lalai mengajarkan anaknya sesuatu yang bermanfaat dan membiarkannya begitu saja, maka dia telah melakukan suatu yang buruk terhadapnya”.





You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images